
Jadwal peluncuran ini mundur tiga bulan dari jadwal yang telah direncanakan pada bulan Juni 1968, karena masalah politik di dalam negeri Perancis.
Generasi pertama Peugeot 504, adalah sedan 4 pintu yang dilengkapi dengan sunroof. Mesin yang digunakan adalah mesin empat silinder, yang dipasang secara longitudinal.
Ada dua jenis mesin yang ditawarkan yaitu mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin kapasitasnya adalah 1796 cc, dengan pilihan karburator, atau injeksi bahan bakar. Mesin dengan injeksi bahan bakar, menggunakan “Kugelfischer mechanical fuel injection” (model yang sama dengan yang digunakan pada Peugeot 404). Daya yang dihasilkan oleh Peugeot 504 versi karburator adalah 97 bhp (72 kW; 98 PS,) sedangkan versi injeksi dapat menghasilkan daya 82 bhp (61 kW; 83 PS).

Kedua model ini menggunakan mesin dengan system injeksi bahan bakar yang menghasilkan daya 97 bhp (72 kW; 98 PS). Mesin ini sesungguhnya sama dengan model sedan 4 pintu, tetapi “rasio final drive” sedikit direvisi untuk dapat meningkatkan kecepatan sekitar 20,6 mph (33,2 km / jam) pada 1.000 rpm.
Pada tahun 1970, Peugeot 504 dilengkapi dengan mesin generasi baru yang kapasitas lebih besar yaitu : 1971 cc, tetap dengan dua versi yaitu karburator dan injeksi. Versi karburator dapat menghasilkan tenaga 93 bhp, sedangkan untuk versi injeksi adalah 104 bhp. Walaupun telah tersedia mesin generasi baru, mesin lama dengan kapasitas 1796 cc tetap tersedia.

Kelengkapannya adalah penggunaan atap belakang lebih tinggi serta poros belakang model solid dengan empat per pegas. Mobil ini termasuk kelas “7-seat Familiale“, yang semua penumpangnya menghadap ke depan dalam tiga baris kursi.
Pada bulan April 1973, diperkenalkan Peugeot 504 L untuk mengantisipasi krisis minyak bumi . Mobil ini menggunakan “live rear axle”, dengan kapasitas mesin 1796 cc, yang dapat menghasilkan daya 96 bhp, atau 81 bhp dengan transmisi otomatis.
Pada tahun 1976 di Paris Motor Show, Peugeot meluncurkan 504 dengan mesin diesel yang kapasitasnya telah diperbesar. “Stroke” pada mesin diesel kapasitas 1948 cc yang berukuran 83 mm (3.3 in) tetap digunakan, tetapi “bore”-nya diperbesar menjadi 94 mm (3,7 in), hingga dapat meningkatkan kapasitasnya menjadi 2112 cc. Daya output mesinnya pun bertambah, dari 59 bhp (44 kW; 60 PS) menjadi 70 bhp.
Mesin diesel yang digunakan oleh Peugeot 504 ini adalah hasil desain Indenor, termasuk mesin diesel dengan kapasitas 1.948 cc, dan 2304 cc.
Mesin desain Indenor ini juga digunakan pada Peugeot 403 , Peugeot 404 , Peugeot 505, Peugeot 604, Peugeot J7,Peugeot J9, Peugeot P4, Ford Sierra, Ford Granada, Talbot Tagora, Mahindra Jeep, Leyland Daf 400, Cournil 4×4, 4×4 UMM, UMM 4×4 Cournil, dan beberapa mobil yang dirakit di Belgia seperti Scaldia-Volga M21, M22, M24D ( GAZ-21, GAZ-24) dan untuk aplikasi laut.
Peugeot 504 dengan mesin diesel ini dilengkapi juga dengan pilihan transmisi otomatis, yang merupakan kombinasi langka pada waktu itu.
Pada tahun 1979, produksi Peugeot 504 untuk pasar eropa mulai dikurangi setelah Peugeot 505 diluncurkan. Tetapi versi lanjutan tetap diproduksi hingga tahun 1983, termasuk versi pick-up yang tetap tersedia sampai dengan tahun 1993.
Pada tahun 1980, dirilis Peugeot 504 Sporty. Mesinnya mempunyai kapasitas 1.997 cc, yang dapat menghasilkan daya 128 hp (95 kW) yang dikombinasikan dengan gearbox standar. Selain kapasitas mesin yang lebih besar, kelebihan lainnya adalah penggunaan “live axel” dan suspensi yang dapat disetel. Sayangnya model ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.
Peugeot 504 umumnya menggunakan penggerak roda belakang dengan beberapa pilihan transmisi yaitu : manual dengan 4 kecepatan (diberi kode BA7), yang nantinya dapat di-upgrade dengan transmisi otomatis 3 kecepatan yang diberi kode ZF 3HP22. Serta transmisi manual 5 kecepatan yang hanya digunakan pada Peugeot 504 Pick-Up.
Sedangkan sistem suspensinya, Peugeot 504 menggunakan “MacPherson struts“ dan “per pegas” di bagian depan, serta “semi-trailing arms” dengan “per pegas” atau “live axle” pada bagian belakang (khusus digunakan pada Peugeot 504 Station Wagon dan Peugeot 504 Pick-up). Suspensi Peugeot 504 terkenal sangat kuat dengan travel yang panjang dan handal, oleh sebab itu mobil ini sangat cocok untuk kondisi jalan yang buruk seperti di Afrika, Asia dan Australia.
Untuk sistem rem, Peugeot 504 menggunakan cakram di bagian depan dan belakang atau kombinasi dengan “drum brakes” di belakang, tergantung pada modelnya.
Peugeot 504 termasuk mobil yang laris di pasaran. Sampai akhir produksi pada tahun 1983, lebih dari tiga juta unit Peugeot 504 terjual di Eropa. Belum termasuk Peugeot 504 yang dirakit di berbagai negara, di bawah lisensi Peugeot, seperti di :
- Nigeria dan Kenya, dengan “Peugeot knock down kit” telah dirakit 27.000 unit. Di Negara ini Peugeot 504 adalah salah satu kendaraan yang paling umum digunakan sebagai taksi.
- Mesir, termasuk negara yang telah memproduksi Peugeot 504 dengan fasilitas produksi sendiri.
- China, yang memproduksi model pick-up dan double cabin (four-door crew cab) pada platform yang diperpanjang, sampai dengan tahun 2009.
- Australia. Ada yang unik di negara ini, Renault (yang merupakan pesaing Peugeot) justru merakit Peugeot 504 untuk dijual melalui jaringan dealer-nya.
- Argentina. Memproduksi Peugeot 504 sampai dengan tahun 2002, dengan sedikit pembenahan di bagian depan dan belakang, termasuk perubahan desain lampu, bumper, serta interior baru.
- Perusahaan Perancis “Dangel” juga mendapat persetujuan untuk memproduksi Peugeot 504 dengan penggerak 4 roda dengan model station wagon dan model pickup.
Dalam perjalanan sejarahnya, Peugeot 504 pernah mendapat beberapa penghargaan seperti : penghargaan sebagai European Car of The Year pada tahun 1969, karena unggul dalam hal : styling, kualitas produk, rangka, pengendalian, visibility, kekuatan mesin dan kehalusan mesin.
Akan tetapi, pada tahun 1980 Peugeot 504 menerima skor terburuk pada uji kecelakaan yang dilakukan oleh yang National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat.

Peugeot 504 salah satu mobil klasik yag belakangan ini sering terlihat dijlanan kota semarng
BalasHapus-love 504-
mobil antiq dan irit............
BalasHapusuntuk engangkat kembali kejayaan sang singa perlu perbanyak artikel om...
BalasHapus